Pengertian Akuntansi Internasional
Akuntansi Internasional adalah akuntansi untuk transaksi internasional,
perbandingan prinsip akuntansi antarnegara yang berbeda dan harmonisasi
berbagai standar akuntansi dalam bidang kewenangan pajak, auditing dan bidang
akuntansi lainnya.
Menurut Iqbal, Melcher dan Elmallah (1997:18). Mendefinisikan akuntansi
internasional sebagai akuntansi untuk transaksi antar negara, pembandingan
prinsip-prinsip akuntansi di negara-negara yang berlainan dan harmonisasi
standar akuntansi di seluruh dunia.
Akuntansi Internasional dapat dijelaskan pada tingkat yang berbeda, yaitu:
•Pengaruh pada akuntansi oleh kelompok-kelompok politik internasional
seperti OECD, UN, dll.
•Praktek-praktek akuntansi perusahaan dalam menanggapi kegiatan mereka sendiri bisnis internasional
•Perbedaan dalam standar akuntansi dan praktek antar negara.
•Praktek-praktek akuntansi perusahaan dalam menanggapi kegiatan mereka sendiri bisnis internasional
•Perbedaan dalam standar akuntansi dan praktek antar negara.
Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi akuntansi internasional:
1. Sumber pendanaan.
2. Sistem Hukum.
3. Perpajakan.
4. Ikatan Politik dan Ekonomi
5. Inflasi
6. Tingkat Perkembangan Ekonomi
7. Tingkat Pendidikan
8. Budaya
1. Sumber pendanaan.
2. Sistem Hukum.
3. Perpajakan.
4. Ikatan Politik dan Ekonomi
5. Inflasi
6. Tingkat Perkembangan Ekonomi
7. Tingkat Pendidikan
8. Budaya
Pada umumnya Akuntansi Internasional mencakup bahasan sebagai berikut:
1. Akuntansi keuangan
• perbandingan standar akuntansi keuangan yang berlaku di manca negara.
• Akuntansi Internasional (International Accounting Standards).
• harmonisasi standar akuntansi secara global.
• Akuntansi Internasional (International Accounting Standards).
• harmonisasi standar akuntansi secara global.
2. Permasalahan Pengukuran dan Pelaporan Akuntansi MNC (Multinational
Company)
• laporan keuangan anak perusahaan yang dilaporkan dalam mata uang asing.
• laporan keuangan MNC.
• laporan keuangan untuk tujuan evaluasi kinerja MNC.
• laporan keuangan MNC.
• laporan keuangan untuk tujuan evaluasi kinerja MNC.
3. Akuntansi Perpajakan
• pricing
• Internasional
• Internasional
4. Akuntansi Manajemen
• pembelanjaan kegiatan usaha di luar negeri
• investasi di luar negeri
• risiko valuta asing
• kinerja kegiatan usaha di luar negeri
• investasi di luar negeri
• risiko valuta asing
• kinerja kegiatan usaha di luar negeri
5. Auditing
• perbandingan standar audit di manca Negara.
• perbandingan praktek profesi akuntan publik di manca negara
• perbandingan praktek profesi akuntan publik di manca negara
Ruang Lingkup Akuntansi Internasional
Ruang lingkup dari Akuntansi Internasional terdiri dari 2 aspek yakni :
1. ASPEK PERTAMA
Akuntansi internasional membahas gambaran standard akuntansi dan praktek akuntansi diberbagai negara di dunia serta membandingkan standard dan praktek akuntansi tersebut pada masing masing negara yang dibahas.
Akuntansi internasional membahas gambaran standard akuntansi dan praktek akuntansi diberbagai negara di dunia serta membandingkan standard dan praktek akuntansi tersebut pada masing masing negara yang dibahas.
2. ASPEK KEDUA
Transaksi internasional membahas mengenai pelaporan keuangan .penjabaran dan transaksi valas, sistem informasi, penganggaran, sistempenilaian kerja, perpajakan dan audit internasional. Dalam aspek ini juga termasuk pembahasan akuntansi manajemen untuk bisnis internasional. Dalam aspek ini juga termasuk pembahasan akuntansi manajemen untuk bisnis internasional. Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa Akuntansi Internasional yaitu suatu standar sistem informasi Akuntansi Internasional dalam pelaporan keuangan untuk kegiatan-kegiatan bisnis yang melibatkan 2 atau lebih negara serta penerapan praktek-praktek Akuntansi di berbagai negara.
Transaksi internasional membahas mengenai pelaporan keuangan .penjabaran dan transaksi valas, sistem informasi, penganggaran, sistempenilaian kerja, perpajakan dan audit internasional. Dalam aspek ini juga termasuk pembahasan akuntansi manajemen untuk bisnis internasional. Dalam aspek ini juga termasuk pembahasan akuntansi manajemen untuk bisnis internasional. Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa Akuntansi Internasional yaitu suatu standar sistem informasi Akuntansi Internasional dalam pelaporan keuangan untuk kegiatan-kegiatan bisnis yang melibatkan 2 atau lebih negara serta penerapan praktek-praktek Akuntansi di berbagai negara.
B. Describe accounting issues created by international trade (Jelaskan
isu-isu akuntansi yang diciptakan oleh perdagangan internasional)
Adanya isu-isu akuntansi internasional di sebabkan terjadinya
transaksi/perdagangan secara internasional. investasi asing langsung (FDI)
adalah bagian dari isu-isu akuntansi internasional. FDI (Foreign Direct
Investment) atau investasi langsung luar negeri, sebuah perusahaan dari satu
negara menanamkan modalnya dalam jangka panjang ke sebuah perusahaan di negara
lain, perusahaan yang ada di negara asal (biasa disebut ‘home country’) bisa
mengendalikan perusahaan yang ada di negara tujuan investasi (biasa disebut
‘host country’) baik sebagian atau seluruhnya. Caranya dengan si penanam modal
membeli perusahaan di luar negeri yang sudah ada atau menyediakan modal untuk
membangun perusahaan baru di sana atau membeli sahamnya sekurangnya 10%.
Terdapat empat tujuan utama FDI (Foreign Direct Investment) yaitu:
1. Pencari sumber daya,
2. Pencari pasar,
3. Pencari efesiensi dan
4. Pencari asset strategi.
FDI menciptakan dua isu utama:
- Kebutuhan untuk mengkonversi dari lokal ke US GAAP sejak pencatatan
akuntansi biasanya disusun dengan menggunakan GAAP lokal.
- Kebutuhan untuk menerjemahkan dari mata uang lokal ke dolar AS sejak
catatan akuntansi biasanya disusun dengan menggunakan mata uang lokal.
C. Explain reasons for, and accounting issues associated with, Foreign
Direct Investment (Jelaskan alasan untuk, dan isu-isu akuntansi yang terkait
dengan, Investasi Asing Langsung)
Seperti yang dijelaskan diatas Investasi Asing Langsung dapat menimbulkan
isu-isu Akuntansi Internasional. Investasi Asing Langsung ini erat hubungannya
dengan penjualan internasional yang merupakan sumber margin keuntungan yang
lebih tinggi atau laba tambahan melalui penjualan tambahan. Produk Unik atau
keuntungan-keuntungan teknologi dapat menyediakan satu komparatif keuntungan
bahwa satu perusahaan berharap untuk memanfaatkan dengan cara mengembangkan
penjualan di/dalam mancanegara.
Beberapa pasar internasional mampu tumbuh dan berkembang lebih cepat dari yang lain. Ini tidak terlepas dari peran Investasi Asing Langsung. Investasi ini bertujuan untuk meningkatkan suatu kedudukan dan berkembang cepat dalam pasar. Tujuan terakhir dari Investasi Asing Langsung yaitu meningkatkan penjualan dan laba.
Beberapa pasar internasional mampu tumbuh dan berkembang lebih cepat dari yang lain. Ini tidak terlepas dari peran Investasi Asing Langsung. Investasi ini bertujuan untuk meningkatkan suatu kedudukan dan berkembang cepat dalam pasar. Tujuan terakhir dari Investasi Asing Langsung yaitu meningkatkan penjualan dan laba.
Sebuah perusahaan dapat mengurangi biaya dengan menyediakan barang-barang
dan layanan ke pelanggan nya melalui investasi asing langsung. Biaya tenaga
kerja secara signifikan lebih rendah dalam beberapa negara untuk mengurangi
biaya produksi. Jika bahan dalam kekurangan atau harus dipindahkan, hal itu
bisa lebih murah jika menempatkan produksi dekat dengan sumber suplai dari pada
untuk mengimpor bahan. Transportasi biaya berhubungan dengan membuat penjualan
ekspor ke pelanggan asing mungkin menjadi berkurang dengan cara menempatkan
produksi dekat dengan pelanggan.
Investasi Tambahan dalam suatu negara asing adalah kadang-kadang mendorong
suatu kebutuhan untuk melindungi pasar itu dari kompetitor lokal. Perusahaan
membangkitkan penjualan melalui mengekspor kepada suatu negara tertentu untuk
melindungi pasar mereka.
Terkait dengan investasi asing langsung, tidak bisa dipungkiri terjadinya
resiko dalam kenyamanan menanamkan ivestasi di negara-negara lain. Untuk ini
diperlukan perlindungan bagi para investor (pemegang saham). Meskipun
perlindungan yang diberikan masing-masing Negara berbeda.
Pengungkapan publik tidak terlalu maju masih terjadi perbedaan yang besar terhadap informasi yang diberikan pada pemegan saham yang besar dengan publik.
Berbagai kelompok kepentingan yang berpengaruh terhadap pengungkapan dan harmonisasi diantaranya adalah : Pemerintah, United nation ,inter govermental working group of experts on international standard of accounting and reporting (isar), Organization for economnic cooperation and development, Eropean comunitty (fc treaty of rome ) 1957, Serikat dagang dan pekerja itucs,ftvc,wcl, Investor, Publik, Akuntan dan auditor, Harmonisasi dan pengungkapan.
Pengungkapan publik tidak terlalu maju masih terjadi perbedaan yang besar terhadap informasi yang diberikan pada pemegan saham yang besar dengan publik.
Berbagai kelompok kepentingan yang berpengaruh terhadap pengungkapan dan harmonisasi diantaranya adalah : Pemerintah, United nation ,inter govermental working group of experts on international standard of accounting and reporting (isar), Organization for economnic cooperation and development, Eropean comunitty (fc treaty of rome ) 1957, Serikat dagang dan pekerja itucs,ftvc,wcl, Investor, Publik, Akuntan dan auditor, Harmonisasi dan pengungkapan.
Ada beberapa alasan untuk investasi asing langsung:
- Meningkatkan Penjualan dan Keuntungan.
Penjualan internasional dapat menjadi sumber margin keuntunganyang lebih tinggi atau keuntungan tambahan melalui penjualan tambahan. Produk unik atau keunggulanteknologi dapat memberikan keunggulan komparatif bagi yang perusahaan ingin memanfaatkannya dengan memperluas penjualan di luar negeri.
- Pertumbuhan pasar yang cepat.
Beberapa pasar internasional tumbuh lebih cepat dari yang lain. Investasi asing langsung merupakan sarana untuk memperoleh pijakan di pasar yang berkembang pesat atau muncul. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan.
- Mengurangi biaya
Sebuah perusahaan kadang-kadang dapat mengurangi biaya penyediaan barang dan jasa kepada pelanggan melalui investasi langsung asing. Signifikan lebih rendah biayatenaga kerja dibeberapa negara memberikan kesempatan untuk mengurangi biaya produksi.Jika bahan dalam pasokan pendek atau harus dipindahkan jarak jauh, mungkin lebih murah untuk mencari produksi dekat dengan sumber mengimpor materials. Transportation biaya yang terkait dengan membuat penjualan ekspor ke pelanggan asing dapat dikurangi dengan menempatkan dekat dengan pelanggan produksi.
- Melindungi Pasar Domestik
Untuk melemahkan pesaing internasional potensial dan melindungi pasar domestik, perusahaan mungkin memasuki pasar rumah pesaing. Alasannya adalah bahwa sebuah potensi pesaing kurang mungkin untuk memasuki pasar asing jika sibuk melindungi pasar domestiknya sendiri.
- Melindungi Pasar Luar Negri
Tambahan investasi di luar negeri kadang-kadang termotivasi oleh kebutuhan untuk melindungi pasar yang dari pesaing lokal. Perusahaan menghasilkan penjualan melalui ekspor ke negara tertentu kadang-kadang merasa perlu untuk membangun kehadiran kuat di negara itu dari waktu ke waktu untuk melindungi pasar mereka.
- Memperoleh Teknologi dan Manajerial.
Selain melakukan penelitian dan pengembangan di rumah, cara lain untuk memperoleh teknologi dan pengetahuan manajerial adalah untuk membuat sebuah operasi dekat untuk memimpin pesaing. Melalui kedekatan geografis, perusahaan akan lebih mudah untuk lebih dekat memantau dan belajar dari para pemimpin industri dan bahkan mempekerjakan karyawan yang berpengalaman dari persaingan
Penjualan internasional dapat menjadi sumber margin keuntunganyang lebih tinggi atau keuntungan tambahan melalui penjualan tambahan. Produk unik atau keunggulanteknologi dapat memberikan keunggulan komparatif bagi yang perusahaan ingin memanfaatkannya dengan memperluas penjualan di luar negeri.
- Pertumbuhan pasar yang cepat.
Beberapa pasar internasional tumbuh lebih cepat dari yang lain. Investasi asing langsung merupakan sarana untuk memperoleh pijakan di pasar yang berkembang pesat atau muncul. Tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan.
- Mengurangi biaya
Sebuah perusahaan kadang-kadang dapat mengurangi biaya penyediaan barang dan jasa kepada pelanggan melalui investasi langsung asing. Signifikan lebih rendah biayatenaga kerja dibeberapa negara memberikan kesempatan untuk mengurangi biaya produksi.Jika bahan dalam pasokan pendek atau harus dipindahkan jarak jauh, mungkin lebih murah untuk mencari produksi dekat dengan sumber mengimpor materials. Transportation biaya yang terkait dengan membuat penjualan ekspor ke pelanggan asing dapat dikurangi dengan menempatkan dekat dengan pelanggan produksi.
- Melindungi Pasar Domestik
Untuk melemahkan pesaing internasional potensial dan melindungi pasar domestik, perusahaan mungkin memasuki pasar rumah pesaing. Alasannya adalah bahwa sebuah potensi pesaing kurang mungkin untuk memasuki pasar asing jika sibuk melindungi pasar domestiknya sendiri.
- Melindungi Pasar Luar Negri
Tambahan investasi di luar negeri kadang-kadang termotivasi oleh kebutuhan untuk melindungi pasar yang dari pesaing lokal. Perusahaan menghasilkan penjualan melalui ekspor ke negara tertentu kadang-kadang merasa perlu untuk membangun kehadiran kuat di negara itu dari waktu ke waktu untuk melindungi pasar mereka.
- Memperoleh Teknologi dan Manajerial.
Selain melakukan penelitian dan pengembangan di rumah, cara lain untuk memperoleh teknologi dan pengetahuan manajerial adalah untuk membuat sebuah operasi dekat untuk memimpin pesaing. Melalui kedekatan geografis, perusahaan akan lebih mudah untuk lebih dekat memantau dan belajar dari para pemimpin industri dan bahkan mempekerjakan karyawan yang berpengalaman dari persaingan
Isu yang dapat dilihat dari investasi asing langsung adalah Faktor yang
mungkin banyak menyumbangkan perhatian lebih terhadap akuntansi internasional
di kalangan eksekutif perusahaan, investor, regulator pasar, pembuat standar
akuntansi, dan para pendidik ilmu bisnis adalah internasionalisasi pasar modal
seluruh dunia. Dimana Pricewaterhomms Coopers melaporkan bahwa volume penawaran
ekuitas lintas batas dalam dolar meningkat hampir tiga kali lipat antara tahun
1995 dan 1999, dengan jumlah dana 1ebih dari sebesar 100 miliar yang diperoleh
selama periode 5 tahun tersebut (penawaran ini hanya mencakup penjualan surat
berharga di luar pasar domestik). Penawaran internasional atas obligasi,
piujaman sindikasi, dan instrumen utang 1ainnya juga tumbuh secara dramatis
selama tahun 1990-an. Tren ini kemudian memburuk selama tahun-tahun awal decade. Akuntansi harus memberikan respons terhadap kebutuhan masyarakat akan informasi
yang tentu berubah dan mencerminkrn kondisi budaya, ekonomi, hukum,sosial, dan
politik yang ada dalam lingkungan operasinya. Sejarah akuntansi dan para
akuntan memperlihatkan perubahan secara terus menerus.
Sumber: https://gracebannepabutungan.wordpress.com/2012/03/26/pengantar-akuntansi-internasional/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar