Selasa, November 05, 2013

RESENSI FILM

COVER

IDENTITAS

JUDUL
REFRAIN (SAAT CINTA SELALU PULANG)

SUTRADARA
FAJAR NUGROS

PRODUSER  :  ODY MULYA

GENRE FILM  :  DRAMA ROMANTIS REMAJA

PRODUKSI  :  MAXIMA PICTURES

PENULIS SKENARIO  :  HAQI ACHMAD

NOVEL ‘REFRAIN‘  :  WINNA EFENDI

PEMAIN :
AFGANSYAH REZA (Nata), MAUDY AYUNDA (Niki), MAXIME BOUTTIER (Oliver),
CHELSEA ISLAN (Annalise), STEVANI NEPA (Helena), ADITYA FIRMANSYAH (Kakak Nata)

MUSIK  :  ADDIE MS

LOKASI  :  VIENNA, AUSTRIA

DURASI  :  110 MENIT

TANGGAL RILIS  :  20 JUNI 2013

TWITTER  :  @FilmRefrain

LAGU TEMA :
CINTA DATANG TERLAMBAT (Vocal : Maudy Ayunda)

HARGA TIKET :
RP 35.000 MARGO PLATINUM SCREEN. MARGO CITY LT.2 JL. MARGONDA RAYA NO.358


















SINOPSIS

Nata, Niki, Annalise
Refrain, mengisahkan  tentang dua orang remaja yaitu  Nata dan Niki, yang bersahabat sejak mereka masih kecil. Selain kedua orangtua mereka saling kenal, tempat tinggal antara keluarga Niki dan Nata juga sangat berdekatan. Oleh sebab itulah hampir semua rutinitas mereka terjadi bersamaan, mulai dari bangun tidur, sekolah dan sebagainya. Saat Niki dan Nata beranjak dewasa serta masuk di sekolah yang sama, keduanya mulai membahas dengan apa yang disebut cinta. Mereka berjanji jika ada yang merasakan jatuh cinta terlebih dulu maka harus saling cerita. Namun secara tiba-tiba mereka  dihadapkan pada suatu  konflik percintaan karena Nata jatuh cinta pada Niki. Nata merasa perasaannya terhadap  Niki tersebut dapat  merusak persahabatan yang selama ini telah mereka jalin, sehingga Nata mengurungkan niatnya untuk mengutarakan cintanya pada Niki. Di saat yang hampir bersamaan, Niki yang tidak mengetahui tentang perasaan Nata  menjalin hubungan  dengan Oliver, Oliver merupakan kapten Tim Basket SMA Pelita yang sebelumnya pernah menjadi lawan tanding tim Basket sekolah Nata dan Niki. Seorang  pemuda yang menjadi idaman gadis-gadis yang berada di sekolah Niki dengan wajahnya yang bisa dibilang ganteng, kaya dan menawan. Sebenarnya Nata sempat bertekad untuk mengungkapkan perasaannya terhadap Niki karena adanya dorongan dari Anna. Seorang  gadis indo yang menjadi sahabat baru bagi Nata dan Niki, akan tetapi Nata membatalkan  niatnya lagi karena Niki sudah memutuskan untuk menjalin hubungan bersama Oliver. Refrain, sebenarnya menyajikan konflik cinta segitiga dalam persahabatan yang terjadi antara Nata, Anna, dan Niki. Sebagai seorang murid pindahan, ternyata secara diam-diam Anna menaruh hati pada Nata sejak dia pertama kali dia hadir di sekolahnya sekarang . Namun Anna mengetahui bahwa yang ada di hati Nata adalah Niki dan tidak bisa digantikan oleh dirinya.

KELEBIHAN
Untuk segi cerita, Film Refrain ini tergolong ringan yaitu tentang kisah cinta yang bermula dari persahabatan. Meskipun sangat klise, beruntung Fajar Nugros dan Haqi Achmad cukup berhasil membuat kisah cinta ini menjadi lebih indah, menarik dan tidak berlebihan. Lihat saja penggambaran masa masa SMA di film ini begitu terasa kuat ditambah dengan konflik konflik sederhana ala anak sekolahan. Indahnya persahabatan ketiga karakter utama difilm ini juga begitu terasa dan mencuri perhatian! Salah satunya itu pada saat adegan bolos sekolah.

KEKURANGAN     
Ceritanya tidak begitu jelas, karena masa kecil mereka yang tidak diperlihatkan. Padahal disini dijelaskan mereka bersahabat dari kecil. Dan orang tua mereka yang tidak nampak. Kehadiran Geng Helena yang sok eksis cukup terasa mengganggu dan jatuhnya seperti FTV.

PENILAIAN SAYA TENTANG FILM ‘REFRAIN’
Pertama, saya memang sangat mengidolakan ‘AFGANSYAH REZA’ saya sangat menyukai suara dan lagu-lagunya. Sudah beberapa film yang dibintangi oleh Afgan yang sudah saya tonton, tetapi di film ini sosok Afgan sangat mempesona hihi.. Afgan sebagai Nata anak SMA polos yang tidak berani mengungkapkan isi hatinya kepada Niki sahabat kecilnya. Penilaian saya untuk film ini, sangat remaja sekali, karena dari settingnya di masa-masa SMA. Film yang sangat menarik dan cocok untuk remaja masa kini, saya yakin banyak anak remaja sekarang yang mengalami kisah seperti Nata dan Niki.                                    
                                                                                                 

2 komentar: